Cari Blog Ini

Kamis, 13 Maret 2014

Variasi Latihan untuk hasil Maksimal

Halo readers. Pekanbaru lagi diselimuti asap dalam bulan ini, saya harap tidak ada pembaca (dimanapun anda berada) yg sakit karena asap ataupun polusi lainnya. Indonesia, khususnya Riau emang suka ekspor asap ke negeri orang lain dan daerah lainnya di Indonesia sendiri. Sedikit tips, ketika cuaca tidak menentu atau udara terasa tidak sehat, perbanyak konsumsi vitamin C dan air putih untuk menjaga badan agar tidak gampang sakit.

Anyway, posting hari ini akan membahas olahraga secara umum dan mengapa latihan itu penting menggunakan variasi.


Olahraga secara dasar membantu anda untuk hidup lebih baik, bukan hanya secara kesehatan, tapi kondisi fisik secara menyeluruh, nah kondisi fisik sempurna ini meliputi 2 komponen utama.

1. Neurological Components
Akurasi, Koordinasi, Kelincahan dan Keseimbangan.

2. Physical Skills
Kekuatan, Fleksibilitas, Daya Tahan, Stamina.

Anda tidak perlu menghapal semuanya kok, secara dasar semua komponen ini bisa disimpulkan menjadi satu hal. FUNGSI.

Sayangnya secara umum, banyak orang orang yang masih belum sadar dengan hal ini, dan mereka terpaku ke satu jenis olahraga saja. Tidak ada yg salah dengan menjadi seorang gym rats yg hobby benchpress 200kg setiap akhir minggu, tapi ketika anda tidak bisa mengangkat diri sendiri dan tidak mampu lari atau menangkap bola ketika anak atau keponakan anda mengajak anda main. maka mungkin anda harus mengecek metode latihan anda.
Jangan anggap saya berlebihan, banyak orang yg melakukan satu hal dan melupakan yg lain yg lebih penting, seperti kemungkinan beberapa orang yg melakukan latihan fisik ekstra tapi tidak memperhatikan pola makan dan istirahatnya.


Ingat, kalau mau gampang baginya. latihan/pembentukan fisik paling tidak meliputi kesehatan cardio (jantung), kelenturan dan kekuatan. Ketika anda mau badan anda berfungsi dengan baik, jangan terlalu lama lari tanpa menambah otot apa apa di torso, atau kebanyakan berbaring di smith machine tapi tidak bisa berenang. lucu kan?

yang saya mau tekankan adalah, variasikan latihan anda, olahraga yg baik adalah olahraga yg membantu anda melakukan fungsi tubuh anda dengan lebih baik, padukan variasi olahraga yg anda paling sukai dan tambahkan waktu sekali sekali untuk melakukan olahraga fungsi.

Bayangkan saja, anda bisa melakukan yoga, pilates, renang, angkat beban, beladiri, main basket, pull-up dan lari dengan kencang. tidak mustahil. dan anda akan merasa bahwa bukan saja anda memiliki kesehatan yg lebih prima, tapi secara alami bentuk badan anda akan menjadi jauh lebih baik daripada hanya melakukan satu olahraga secara spesifik.
Semoga bermanfaat :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar