Cari Blog Ini

Kamis, 13 Maret 2014

Lebih Kenal dengan Circuit Training

halo sodara sodara, saya sudah lama nggak buat posting tentang olahraga spesifik, hari ini saya mau membahas tentang circuit training, olahraga yg bersifat compound exercise, maksudnya melatih beberapa otot sekaligus dalam 1 gerakan dan melatih otot tubuh yg lain dalam set berikutnya.

Circuit Training adalah sisi yg berbeda dengan Isolasi, dimana anda membatasi jenis otot mana yg akan dilatih, misalnya cable pullover yg hanya melatih otot punggung dsb.
diatas adalah beberapa link circuit training yg biasanya saya sendiri lakukan, dari sixpack shortcut, kalo tertarik lebih jauh, website-nya sixpackshortcut.com


Nah, ide dari circuit training adalah kebebasan anda untuk mencampur compound exercise kedalam repertoire latihan, jadi jangan terlalu kaku, anda bisa mencoba menggabungkan semuanya, burpees, squat thrust, step up, push up, pull up, crunch, reverse crunch, side plank, jumping squat, bahkan shadowboxing.

Jangan terpaku dengan latihan isolasi di Gym saja, bahkan sebenernya anda juga bisa circuit training di gym, cari lah 1 hari dimana anda memainkan semua jenis alat di gym dalam kadar intensitas rendah-menengah. Jadi, Circuit training bukan hanya Calisthenics saja kok, Anda bisa menggunakan beban, ataupun mencampurnya dengan alat bantu lain.

contoh circuit training
Intinya, jangan melakukan olahraga yang itu-itu saja, yg ada ntar anda  bosan. circuit training mungkin bisa jadi cara untuk menambah variasi latihan. Silakan Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar